TAMAN SUDUT BERKONSEP ZOO


Lokasi taman berada di salah satu rumah di Perumahan Griya Golf Regency, Telanaipura, Kota Jambi. Taman berbentuk trapesium hampir segitiga di halaman sudut rumah kediaman milik Bapak Fuad Hasyim dan Ibu Eni. Suami istri tersebut bekerja sebagai pegawai negeri sipil di salah satu badan milik pemerintahan di Kota Jambi. Keluarga terdiri dari bapak, ibu, dan seorang anak laki-laki. Hobi sang bapak adalah suka berkumpul bersama teman-temannya untuk berdiskusi di waktu libur ataupun malam hari. Sementara istri beliau hobi dengan tanaman. Rumah mereka penuh dengan pepohonan buah yang ditanam di dalam pot di halaman tersebut.

 

Taman Eksisting

Taman yang ada saat ini tidak tertata rapi. Jemuran digantung dimana-mana, pot tanaman berserakan dimana-mana, dan taman tanpa rumput hijau.

Ada dua permintaan dalam desain ini. Sang bapak ingin membuat gudang di lahan tersebut, juga pendopo untuk berkumpul bersama teman-temannya, juga tempat jemuran yang tertata rapi. Karena seringnya berumpul dengan teman-temannya hingga larut malam, si bapak ingin tamu-tamu lebih menikmati malam di halaman rumah dan bisa berbicara lebih santai jika duduk-duduk di halaman rumah tanpa segan. Dan permintaannya lagi adalah ingin yang murah meriah saja, kalau perlu pakai atap rumbia / ijuk saja untuk gudang, pendopo, dan area jemur beserta parkir motor supaya murah. Sementara sang ibu ingin halaman ini luas tanpa ada bangunan apapun. Dia hanya ingin ada pohon-pohon dalam potnya saja dan rerumputan. Di situ saya mulai dibingungkan karena pemilik saling mempertahankan pendapatnya masing-masing.

Akhirnya saya berpikir keras bagaimana agar semua keinginan pemilik terpenuhi tanpa ada yang merasa keinginannya tidak dituruti. Akhirnya saya dapatkan layout seperti di bawah ini…

potongan

Layout Taman Sudut

 

 

Dasar pot saya alasi dengan koral-koral putih yang manis sehingga barisan pot pohon lebih rapi. Pagar pembatas bagian kanan berbatasan dengan rumah tetangga, awalnya hanya ada tanaman bunga mawar namun tak beraturan tumbuhnya. Untuk menciptakan warna di antara pohon dan rumput hijau, saya rencanakan agar pagar pembatas ini ditanami dengan bunga-bunga begonia, mawar yang ada, dan juga melati jepang setinggi + 50 cm.

sc 10

Layout Taman Sudut

sc 11

Layout Taman Sudut

Area jemur pakaian dan gudang berada dalam 1 atap. Pendopo terpisah dan saya letakkan di antara pepohonan pot. Sisanya saya jadikan taman. Saya pikir, inilah pembagian terbaik untuk pemilik rumah. Semua kebutuhan dapat terpenuhi dan posisi pot yang berantakan pun saya arahkan agar lebih rapi dan enak dipandang mata. Taman pun lebih rapi dan lebih hijau.Pepohonan yang ada adalah pohon-pohon berbuah dan lebat. Rimbun sekali. Sehingga taman rumah ini lebih tampak seperti rimba mini. Untuk menciptakan kesan cozy, saya tambahkan di beberapa dinding wallart rusa agar lebih tampak seperti hutan mini. Jadilah konsep tamannya bertemakan “zoo”.

sc 9

Potongan A-A

Awalnya, pemilik ingin menggunakan atap ijuk / rumbia saja untuk semua atap. Namun saya pikir lagi, atap ijuk / rumbia tidak akan tahan lama. Sehingga saya sarankan untuk menggunakan fiber saja. Untk dinding gudang, saya pikir cukup dengan kayu palet sudah bisa memenuhi kebutuhan gudang bagi penghuni. Lebih murah ketimbang bata. Awalnya pemilik ingin dari bata saja. Namun mengingat keinginan istri untuk lebih luas taman daripada bangunannya, sehingga saya putuskan menggunakan bangunan semi temporer yang sewaktu-waktu mudah dibongkar lagi. Bangunan berdinding bata membuat lahan sempit ini menjadi semakin sempit karena dinding bata menciptakan kesan massa yang besar.

Sewaktu berdiskusi dengan pemilik, dalam pikiran saya, pemilik ingin yang murah meriah sehingga terkesan dia ingin pendopo beratap ijuk bertiang pohon hasil tebang di hutan. Namun setelah berdiskusi lagi beliau suka hal yang modern. Dan konsep murah tak bisa benar-benar diterapkan jika ketika diberikan hasil desain dari hal-hal sederhana dia pun tak menyukainya.

Inilah permasalahan yang sering saya hadapi. Semua orang ingin didesainkan sesuatu yang terlihat mahal namun murah. Dan kenyataan di lapangan hal tersebut tak bisa benar-benar terjadi.  Permasalahan muncul karena selera pemilik sendiri. Terkadang, ditunjukkan hal yang murah sesuai anggaran pun mereka tak menyukainya. Alhasil harga menentukan kualitas desain bukan?

Kemudian di sisi kanan dari gambar di atas, batas dinding tetangga saya jarakkan dengan atap area jemur dan gudang. Mengapa? Agar air hujan yang tumpah nanti tidak menjadikan dinding menjadi lembab. Tempias air hujan saya jatuhkan ke arah dinding dengan koral di bagian bawahnya sebagai area resapan air. Dan dinding pun terhindar dari lumut yang mengganggu. Tiap batas dinding tidak saya tempelkan atap langsung untuk menghindari bocor.

sc 3

Potongan B-B

Kisi-kisi di area jemur sengaja saya desainkan untuk pot-pot gantung karena kecintaan pemilik terhadap tanaman. Lantai sederhana dari semen yang dibentuk kotak sebagai perkerasan sederhana. Di antara semen tersebut ada taburan koral sikat sebagai resapan air jemuran. Dan ketika malam area ini jadi tempat parkir motor. Gudang saya buat + 5 m2, tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu kecil untuk menyimpan barang-barang tak terpakai penghuni rumah. Wall art di dinding pembatas sebagai pemanis area taman ini.

sc 7

Potongan C-C

Area pinggir rumah menjadi display pot. Karena tanaman-tanaman rimbun ini menjadi lukisan jika dilihat dari arah pendopo.

sc 6

Potongan D-D

SC 12 TS

Project          : Taman

Arsitek          : Desti Amelia, S.T., IAI

Konsep         : Zoo Garden

Owner          : Bpk. Fuad Hasyim & Ibu Eni

Luas              : + 43 m2

Lokasi          : Perumahan Griya Golf Regency, Telanaipura, Kota Jambi

Status           : Desain dan konsep

Tahun          : 2017

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s